Cara Membuat dan Menghapus Watermark di Microsoft Word

Buat anda yang mempunyai hobi menulis tentu saja sering menggunakan aplikasi Microsoft Word sebagai salah satu media menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Bukan hanya itu saja, hampir setiap pekerjaan di dunia ini pasti harus menggunakan aplikasi ini sebagai penunjang pekerjaan.

Melalui aplikasi Microsoft Word, kita kemudian bisa membuat sebuah dokumen yang berisi tulisan untuk berbagai macam keperluan misalnya saja untuk kebutuhan persuratan, mengerjakan tugas bagi mahasiswa, mengerjakan proyek-proyek kantor dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang juga tingkat penyalahgunaan teknologi tersebut terutama dalam pencurian dokumen-dokumen yang kemudian mengclaim bahwa itu adalah milih pribadinya. Pencurian itu kemudian lebih dikenal dengan plagiarisme dimana seseorang mencuri (menyalin)/ mengambil karya kita (dalam bentuk tulisan dan gambar) kemudian digunakan untuk keperluan pribadinya. Bahkan di beberapa kasus, dokumen-dokumen tersebut kemudian di jual demi keuntungan pribadinya.

Nah untuk menghindari kejadian seperti itu, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menandai bahwa itu adalah milik kita adalah dengan menambahkan watermark pada dokumen yang kita buat.

Apa itu watermark?

Watermark merupakan sebuah tanda air berupa gambar atau teks (organisasi dan pribadi) yang menjelaskan hak kepemilikan dan biasanya dilekatkan pada objek (tulisan dan gambar).

Untungnya Microsoft Office Word memiliki fitur untuk menambahkan watermark ini yang dapat dilekatkan pada dokumen anda untuk menghindari kejahatan-kejahatan yang telah saya sebutkan diatas.

Nah bagaimana cara menambahkan watermark di Microsoft Word? Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan lengkap dengan penjelasannya.

Cara Menambahkan Watermark di Microsoft Word

Untuk menambahkan Watermark kedalam dokumen anda:

  • Pertama-tama silahkan buka Microsoft Office Word anda di perangkat komputer
  • Selanjutnya silahkan ke Menu Bar kemudian pilih Page Layout => Watermark => Costum Watermark

Menambahkan Watermark Gambar di Ms Word

Pertama-tama kita akan menyisipkan watermark dalam bentuk gambar kedalam lembar kerja (dibelakang teks). Pastikan bahwa anda sudah membuat watermark sendiri dalam bentuk gambar dan tinggal kita sisipkan kedalam lembar kerja nantinya. Jika sudah ada, cara menyisipkannya sebagai berikut:

  • Pada jendela Printed Watermark, silahkan klik Picture Watermark kemudian klik Select Pictures
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke penyimpanan di komputer, silahkan cari lokasi dimana anda telah menyimpan watermark tersebut, dan jika sudah ketemu silahkan klik gambarnya kemudian pilih Insert
  • Selanjutnya anda akan diarahkan kembali ke jendela Printed Watermark. Nah disitu anda perlu menyesuaikan lebih lanjut tentang pengaturan watermark yang akan ditampilkan misalnya saja:
    • Scale: Untuk menentukan skala persentase gambar watermark
    • Washout: centang untuk membuat watermark lebih transparan dan hilangkan tanda centang agar watermark terlihat lebih cerah (tajam).
  • Dalam pengaturan tersebut, anda bisa mengklik Apply untuk mempreview tampilan watermark pada lembar kerja dan jika sudah pas silahkan klik OK maka pengaturan akan tersimpan ke dalam lembar kerja anda.


 Menambahkan Watermark Teks di Ms Word

Selanjutnya kita akan mencoba menambahkan watermark dalam bentuk teks di Microsoft Word. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Di Printed Watermark tadi, silahkan silahkan klik Text Watermark. Di Text Watermark tersebut terdapat beberapa bagian yang digunakan untuk mengedit teks watermark yang akan ditampilkan seperti:
    • Language: digunakan untuk memilih bahasa
    • Text: digunakan untuk memasukkan teks watermark yang akan ditampilkan di dokumen
    • Font: digunakan untuk memilih jenis huruf watermark
    • Size: digunakan untuk menentukan ukuran watermark
    • Color: digunakan untuk menentukan warna watermark
    • Semitransparent: Jangan centang untuk memperjelas watermark, centang untuk membuatnya sedikit tidak nampak
    • Layout: digunakan untuk mengatur posisi watermark
  • Gunakan Apply untuk mempreview tampilannya di lembar kerja anda, dan jika sudah dirasa bagus maka silahkan klik OK untuk menerapkannya.

Cara Menghapus Watermark di Microsoft Word

Mungkin saja anda merasa bahwa dokumen tersebut tidak perlu ditambahkan watermark kedalamnya dan anda ingin menghapus watermark yang terlah ditambahkan. Nah bagaimana cara menghapus watermark tersebut? Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan buka Microsoft word
  • Kemudian di Menu Bar, silahkan pilih Page Layout => Watermark => Remove Watermark
  • Jika sudah maka watermark secara otomatis akan hilang dari lembar kerja anda.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan saya mengenai cara membuat dan menghapus watermark di Microsoft Word, semoga pembahasan saya kali ini dapat menolong anda menyelesaikan kendala-kendala anda diseputar aplikasi Microsoft Word. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat dan Menghapus Watermark di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel