Cara Membuat Password (Mengunci) Dokumen di Microsoft Word

Salah satu cara untuk melindungi dokumen di Microsoft Word agar tidak bisa dibuka oleh orang lain adalah memberikannya sebuah kata sandi atau password. Password tersebut memungkinkan dokumen kita terlindungi dan tidak seenaknya dibuka oleh orang lain tanpa persetujuan kita.

Salah satu pengalaman yang sering saya alami ketika masih mahasiswa adalah teman seenaknya membuka dokumen (tugas saya di Ms Word) kemudian menyalin tugas-tugas yang sudah saya kerjakan (plagiat). Sebenarnya saya agak risih dengan perbuatan tersebut mengingat kita sudah capek-capek mengerjakannya dan malah di copy paste sama orang lain. Terlebih lagi ketika ketahuan maka ada pengurangan nilai dari dosen karena disangka kita melakukan plagiat padahal bukan kita yang melakukannya.

Selain hal diatas, pemberian password terhadap dokumen memanglah hal yang wajib terutama jika dokumen tersebut sangat penting dan hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Kebanyakan orang ketika hendak mengunci dokumen, karena ketidaktahuan mereka harus menginstal aplikasi tambahan untuk pengunci file dan folder. Untungnya, Microsoft Word mengerti hal itu dan telah menyediakan layanan dimana kita bisa mengunci dokumen kita dengan memberikannya sebuah kata sandi dan ketika dokumen tersebut dibuka maka kita wajib memasukkan password terlebih dahulu.

Pada pembahasan kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara membuat dan memberikan password pada dokumen di Microsoft Word. Silahkan simak pemaparannya berikut.

Merumukan dan Membuat Password yang Kuat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memberikan password terhadap file di Microsoft Word adalah merumuskan dan membuat password yang kuat agar tidak mudah diketahui oleh orang lain. Kebiasaan selama ini ketika hendak memberikan password, kita menggunakan nama kita atau tanggal lahir sebagai sandinya. Password tersebut tergolong sangat lemah dan bisa diketahui oleh orang lain.

Oleh karena itu anda harus merumuskan password yang kuat dimana password tersebut berisi Angka, Huruf dan Simbol. Misalnya saja saya membuat password untuk dokumen saya "Microsoftindonesia_1911". Password tersebut tergolong lebih kuat dan tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Cara Memberikan Password File di Microsoft Word

Untuk memberikan password pada file di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan buka terlebih dahulu dokumen yang akan diberikan password (kata sandi)
  • Selanjutnya silahkan ke Office Button kemudian pilih Save As
  • Tentukan lokasi tempat anda akan menyimpan file tersebut di dalam perangkat komputer anda.
  • Sebelum menyimpannya, silahkan pilih Tools (dekat tombol Save) kemudian pilih General Options
  • Secara otomatis akan muncul jendela General Options. Silahkan masukkan Password dan Verifikasi Password kemudian tekan OK

  • Terakhir silahkan klik Save maka dokumennya akan tersimpan ke komputer anda.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Password Dokumen di Microsoft Word. Semoga ulasan saya kali ini dapat memberikan solusi atas permasalah anda diseputar Microsoft Word. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Password (Mengunci) Dokumen di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel