Cara Mencetak Dokumen di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolahan dokumen yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan adanya aplikasi ini, seseorang dengan mudah menyelesaikan pembuatan dokumen karena dilengkapi berbagai macam tools penunjang agar dokumen yang dikerjakan terlihat rapi.

Tahap akhir dari pembuatan dokumen di Microsof Word adalah mencetak dokumen atau yang biasa kita kenal dengan istilah ngeprint. Ketika kita mencetak dokumen, itu tandanya bahwa dokumen telah selesai dikerjakan dan siap dituangkan kedalam lembaran kertas (Hard copy) dan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Mencetak dokumen di Microsoft Word sangatlah mudah, namun bagi beberapa orang yang masih awam menggunakan Microsoft Word tentu saja akan mengalami kendala. Oleh karena itu saya akan mencoba membimbing anda mencetak dokumen yang telah dibuat di Microsoft Word.

Namun sebelum mencetak dokumen, adapaun beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  • Dokumen yang akan dicetak (Soft Copy)
  • Print (alat yang digunakan untuk mencetak dokumen)
  • Kertas (media yang digunakan untuk menuangkan hasil cetakan dokumen). Gunakan kertas sesuai ukurang yang telah ditentukan.

Cara Mencetak Dokumen (Ngeprint) di Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Nah jika semua sudah tersedia dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mencetak dokumen. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Silahkan hidupkan printer dan masukkan kertas ke tempat kertas printer.
  • Buka dokumen yang akan di print di Microsoft Word
  • Pilih Menu File (untuk Ms 2007 klik Office Button) kemudian pilih Print (anda juga bisa menekan perintah keyboard CTRL + P untuk membuka fitur Print)
  • Secara otomatis jendela Print akan terbuka. Sebelum mencetak dokumen, lakukanlah penyesuaian terlebih dahulu agar kualitas pencetakan bisa maksimal. (perhatikan gambar dibawah)
                Keterangan:
  1. Printer Name digunakan untuk memilih jenis print yang akan digunakan untuk mencetak dokumen. Biasanya print yang siap terdapat centang berwarna hijau. Namun pada beberapa kasus, walaupun sudah memiliki centang hijau namun print tidak compatible dengan perangkat. Oleh karena itu periksalah jenis print serupa dan cobalah menggunakan jenis print tersebut.
  2. Page Range digunakan untuk mengatur rentang halaman yang akan dicetak. Di page range terdapat 3 opsi yang bisa digunakan seperti: All (mencetak semua halaman), Current Page (mencetak halaman saat ini), Pages (mencetak halaman yang dipilih secara khusus misalnya halaman 1, halaman 3-5, dsb.)
  3. Copies digunakan untuk menentukan jumlah copyan yang akan dicetak (misalnya 2 salinan dokumen)
  4. Properties digunakan untuk melakukan pengaturan lanjutan pada dokumen yang akan dicetak. Tampilan Printer Properties ini berbeda-beda untuk jenis percetakan yang akan kita lakukan. Tapi intinya Properties digunakan untuk pengaturan seperti Page Setup, Main, Quick Setup, Maintenence dan lain sebagainya.
  5. Jika semua hal telah disesuaikan di jendela Print, silahkan tekan OK untuk memulai mencetak dokumen
  • Tunggulah beberapa saat sampai semua dokumen berhasil dicetak dengan baik.
  • Jika dokumennya telah selesai dicetak, diamkan beberapa saat sampai tintanya benar-benar meresap dan kering diatas kertas.

Tips Agar Dokumen yang Dicetak Berkualitas dan Print Tidak Cepat Rusak

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar hasil cetakannya bisa maksimal dan juga print yang anda gunakan tidak cepat rusak:
  • Selalu periksa ketersediaan tinta dalam print jangan sampai ditengah-tengah proses percetakan tinta tiba-tiba habis dan membuat proses percetakan dokumen menjadi terhambat. Disamping boros kertas, waktu, perlahan-lahan juga akan mempengaruhi kerja print.
  • Jika ingin mencetak dokumen dengan banyak halaman, usahakanlah mencetak sedikit demi sedikit. Jangan langsung semuanya. Misalnya kloter 1 untuk halaman 1-10, kloter 2 untuk halaman 10-20 dan seterusnya. Anda bisa menggunakan fitur Pages untuk menentukan halaman yang dicetak.
  • Usahakan untuk mengistirahatkan print sejenak jika sudah terlalu lama dipakai apalagi jika dokumen yang dicetak terlalu banyak.
  • Ketika hendak mencetak dokumen, pastikan kertas selalu tersedia dan diletakkan dengan baik di Printer.

Kesimpulan

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai cara mencetak dokumen atau ngeprint di Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah diseputar penggunaan aplikasi Microsoft Word. Selamat mencoba dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencetak Dokumen di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel