Cara Mengatur Posisi dan Ukuran Gambar di Microsoft Word

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dalam mengolah dokumen adalah Microsoft Word. Microsoft Word sendiri merupakan salah satu bagian dari Microsoft Office dimana aplikasi ini merupakan aplikasi yang wajib terinstal di perangkat komputer kita.

Disamping mengolah kata dalam bentuk tulisan, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya misalnya membuat tabel, memasukkan gambar (foto), membuat grafik dan lain sebagainya.

Banyak orang mengatakan bahwa Microsoft Word merupakan aplikasi yang sangat mudah digunakan bahkan oleh seorang pemula sekalipun, walaupun demikian ada beberapa hal di aplikasi ini yang membutuhkan keahlian dan panduan agar mudah dimengerti dan diterapkan, salah satunya adalah mengatur posisi dan ukuran gambar di Microsoft Word.

Terkadang ketika kita memasukkan gambar kedalam aplikasi ini, posisi gambar menjadi tidak beraturan serta ukurannya tidak sesuai dengan keinginan kita. Bahkan ketika kita mencoba mengatur penempatan gambar tersebut, biasanya malah membuat teks yang telah kita masukkan menjadi tidak beraturan juga. Kalau kondisinya sudah seperti ini, kita sendiri yang akan kembali bingung.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan lengkap mengenai Cara Mengatur Posisi dan Ukuran Gambar di Microsoft Word agar sesuai dengan keinginan kita. Disamping itu, gambar juga akan terlihat rapi.

Memasukkan Gambar di Microsoft Word


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memasukkan gambar terlebih dahulu kedalam lembar kerja Microsoft Word kita. Bagi sebagian orang mungkin sudah tahu caranya, namun bagi beberapa orang yang benar-benar pemula menggunakan aplikasi ini tentu saja akan kesulitan. Nah cara memasukkan gambarnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan ke Menu Bar kemudian Pilih Insert => Pictures
  • Selanjutnya silahkan pilih gambar dari perangkat anda, lalu klik OK
  • Secara otomatis gambar akan langsung masuk kedalam lembar kerja anda.

Mengatur Ukuran Gambar di Microsoft Word

Jika gambar sudah anda masukkan kedalam lembar kerja, selanjutnya kita akan menyesuaikan gambar tersebut. Hal pertama yang akan saya bahas adalah mengatur ukuran gambarnya.

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur ukuran gambar di Microsoft Word, yakni secara manual maupun secara otomatis.

Mengatur Ukuran Gambar Secara manual

Untuk mengatur ukuran gambar secara manual di Microsoft Word, sebenarnya cukup mudah. Namun yang menjadi kendala adalah kita tidak tahu apakah gambarnya sudah sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan, apalagi jika pekerjaan kita menuntut untuk menyesuaikan gambar sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan (tinggi dan lebar gambar).

Disamping itu juga, biasanya secara tidak sengaja gambar yang kita masukkan menjadi agak lonjong baik keatas maupun kesamping sehingga gambar menjadi agak kurang baik dipandang mata.

Langsung saja kita akan menyesuaikan ukuran gambarnya secara manual berikut:

Silahkan perhatikan gambar diatas, saya membaginya kedalam 3 bagian untuk menyesuaikan gambarnya sebagai berikut:

  1. Bulatan berwarna hijau bisa anda gunakan untuk memutar gambar. Caranya cukup klik dan tahan pada bulatan tersebut kemudian putar secara perlahan sampai anda mendapatkan posisi yang pas.
  2. Untuk mempertahankan rasio (lebar dan tinggi) pada gambar, anda bisa menggunakan bulatan berwarna putih di setiap sudut pada gambar. Caranya cukup tahan kemudian geser secara perlahan.
  3. Kotak putih di setiap sisi gambar bisa anda gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi gambar. Ketika anda menggunakan fitur ini maka rasio pada gambar juga akan berubah (bisa jadi memanjang keatas dan kesamping). Caranya anda cuku tekan pada kotak putih tersebut kemudian geser secara perlahan.

Mengatur Ukuran Gambar Secara Otomatis

Cara kedua adalah mengatur gambar secara otomatis. Fitur ini sangat pas digunakan karena kita bisa menyesuaikan ukuran gambar sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan klik kanan pada gambar kemudian pilih Size
  • Di tab Size tersebut, silahkan sesuaikan ukuran gambar yang diinginkan

Di tab tersebut ada beberapa bagian untuk menyesuaikan gambar seperti:

  • Size and rotate (Digunakan untuk mengatur ukuran gambar dan rotasi)
    1. Height: tinggi gambar
    2. Width: lebar gambar
    3. Rotation: derajad perputaran gambar
  • Scale (Digunakan untuk menyesuaikan ukuran gambar berdasarkan persentase)
    1. Height: tinggi gambar
    2. Width: lebar gambar
    3. Agar tinggi dan lebar gambar tidak berubah, silahkan centang Lock aspect ratio dan Relative to original picture size
  • Crop from (digunakan untuk memotong bagian sisi gambar)
    1. Left: bagian kiri
    2. Right: bagian kanan
    3. Top: bagian atas
    4. Bottom: bagian bawah

Nah jika seluruh ukuran gambar telah disesuaikan, maka silahkan tekan tombol Close untuk menutup pengaturan tersebut dan ukuran gambar akan berubah secara otomatis.

Cara Mengatur Posisi Gambar di Microsoft Word

Agar teks dapat tersusun dengan rapi di dalam lembar kerja Microsoft Word, maka perlu juga mengatur posisi dan penempatan gambar. Melalui penempatan tersebut, anda bisa meletakkan gambar entah itu di tengah, samping kiri, samping kanan, bagian atas atau bawah paragraf.

Sebenarnya untuk mengatur posisi gambar di Microsoft Word, ada dua cara yang bisa anda lakukan yakni secara otomatis maupun secara manual.

Mengatur Posisi gambar Secara Otomatis

Untuk mengatur posisi gambar secara otomatis, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikutL

  • Pertama-tama, silahkan klik gambar
  • Selanjutnya di Menu Bar, pilih Format lalu klik Position
  • Untuk menentukan letak gambar yang diinginkan, maka silahkan klik letak posisinya satu per satu.

Jika anda sudah menentukan letaknya, maka secara otomatis gambar akan berpindah ke posisi yang telah ditentukan tersebut.

Mengatur Posisi Gambar Secara Manual

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah mengatur posisi gambarnya secara manual. Anda bisa secara bebas menggeser gambar ke posisi yang diinginkan. Bahkan anda juga bisa melakukan beberapa pembaharuan pada gambar seperti menempatkan gambar tepat di bawah teks.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan klik kanan pada gambar kemudian pilih Text Wrapping
  • Selanjutnya silahkan pilih In Front of Text (perhatikan gambar diatas) untuk memindahkan gambar secara bebas (tidak terkunci) di dalam teks yang telah anda ketik.
  • Untuk melakukan penyesuaian lebih lanjut (penyesuaian posisi gambar) anda juga bisa menggunakan fitur-fitur lainnya yang telah tersedia seperti square, tight, behind text, dan lain sebagainya.

Penutup

Melalui penjelasan diatas, anda dapat berkreasi dengan sendirinya mengenai cara mengatur posisi dan ukuran gambar di Microsoft Word. Pemaparan saya diatas hanya membuka sedikit pemahaman anda mengenai fitur-fitur yang tersedia, selebihnya mengenai ukuran dan penempatan gambarnya itu terserah kepada para pembaca.

Semoga artikel saya dapat bermanfaat dalam memecahkan permasalahan anda diseputar aplikasi Microsoft Word. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Posisi dan Ukuran Gambar di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel