Panduan Lengkap Cara Mengetik Agar Rapi di Microsoft Word

Microsoftofficeindo.com - Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk membuat suatu dokumen adalah Microsoft Office Word. Bagi sebagian orang, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga fitur atau tools untuk mengedit teks tergolong sangat lengkap sehingga dokumen yang dihasilkan terlihat lebih rapi dan enak dibaca.

Bagi para mahasiswa dan pelajar, setiap harinya mereka pasti akan bergelut dengan aplikasi ini karena tugas-tugas yang diberikan oleh dosen atau guru. Tugas tersebut haruslah diketik dengan rapi dan juga harus mengikuti beberapa ketentuan dalam pembuatan tugas karya ilmiah (makalah, skripsi, paper dan lain sebagainya).

Bagi mahasiswa semester atas tentu saja tidak akan kesulitan lagi menggunakan aplikasi ini, tapi bagi mereka yang masih mahasiswa baru dan masih awam dalam pengoprasian aplikasi Microsoft Word akan sedikit kesulitan, terutama dalam membuat sebuah dokumen yang rapi dan sesuai dengan harapan dosen.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara mengetik tugas agar rapi dan enak di baca di Microsoft Word bagi mahasiswa dan pelajar yang betul-betul masih awam menggunakan aplikasi ini.

Dasar-dasar Cara Mengetik di Ms Word Bagi Pemula

Tulisan ini merupakan pengalaman saya salama menjadi mahasiswa dan pembahasan yang akan saya berikan merupakan tuntutan dari dosen ketika membuat sebuah karya ilmiah.

Biasanya dalam membuat sebuah tulisan yang rapi, maka beberapa elemen berikut penting untuk kita perhatikan:
  • Menyesuaikan jenis dan ukuran huruf yang kita gunakan
  • Merapikan pinggiran pada dokumen
  • Mengatur jarak spasi antar karakter dan baris dalam satu paragraf
  • Memaksimalkan penggunaan bullets and numbering untuk menguraikan point-point pembahasan kita dalam dokumen
  • Memaksimalkan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang penekanan pada kalimat yang penting
  • Menggunakan ruller/penggaris
  • Menyesuaikan margin dan ukuran kertas yang digunakan agar sesuai dengan sistematika penulisan karya ilmiah.
Nah beberapa poin diatas merupakan dasar-dasar yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini untuk membuat sebuah dokumen yang rapi. Langsung saja kita ke pembahasannya satu per satu.

Pertama-tama anda harus membuka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu kemudian anda akan diarahkan ke lembar kerja baru (tempat kita mengetik).


Silahkan tulis apa saja pada lembar kerja tersebut baik itu makalah, paper, skripsi, ataupun dokumen biasa. Nah jika sudah kita tinggal menyesuaikannya nanti. Misalnya saja saya akan menyesuaikan dokumen yang ada di atas.

1. Menyesuaikan Jenis dan Ukuran Huruf

Biasanya dalam pembuatan tugas karya ilmiah, jenis huruf yang kita gunakan adalah Times New Roman dengan ukuran huruf 12 untuk teks dalam satu paragraf dan 14 untuk sub judul. Namun ada juga beberapa dosen yang menginginkan jenis huruf yang lain dan juga ukuran yang lain dalam pembuatan tugas tersebut.

Untuk menyesuaikan Jenis dan Ukuran huruf di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Silahkan ke Menu Home kemudian ke kolom Font.
  • Nah di kolom tersebut tersedia fitur untuk menyesuaikan jenis huruf (CTRL + Shift + F) dan ukuran huruf (CTRL + Shift + P). Silahkan di Klik kemudian cari huruf yang diinginkan dan juga ukurannya.

Bagaimana jika seandainya dosen meminta kita untuk menambahkan huruf lain dan tidak ada di daftar huruf yang telah tersedia? Anda bisa mengatasinya dengan langkah dibawah ini:

2. Cara Merapikan Pinggiran Paragraf pada Dokumen

Biasanya ketika kita diminta untuk membuat sebuah tugas di Microsoft Word, kita juga diminta untuk merapikan tepian atau pinggiran pada dokumen misalnya harus rata kiri, rata kanan, rata tengah ataupun rata kanan kiri.

Nah langkah-langkah untuk mengatur hal tersebut sebagai berikut:
  • Di Menu Home, silahkan anda ke kolom Paragraf
  • Disitu anda akan melihat ada 4 fitur yang bisa digunakan untuk merapikan pinggiran paragraf seperti:
    • Align Text Left (CTRL + L) untuk rata kiri
    • Center (CTRL + E) untuk rata tengah
    • Align Text Right (CTRL + R) untuk rata kanan
    • Justify untuk rata tengah
  • Silahkan pilih salah satunya untuk merapikan paragraf anda.

3. Mengatur Jarak Spasi antar Karakter dan Baris

Untuk mengatur jarak spasi karakter dalam satu paragraf agar tidak dobol, anda bisa menggunakan tools Show/Hide. Dengan menggunakan tools ini maka anda akan mengetahui jika menekan tombol spasi pada keyboard dua kali (dobel) sehingga spasi antar karakter akan diberi tanda titik (.) menjadi dua. Untuk aturan pengetikan spasi antar karakter hanya satu saja.


Fitur ini hanya muncul di lembar kerja anda, jadi jika anda mencetak dokumen tersebut maka tanda titik (.) tersebut akan hilang karena memang tugasnya hanya sebagai alat bantu untuk mengetahui jarak antar karakter dalam suatu kalimat.

Untuk spasi antar baris dalam satu kalimat, saya sudah membahasnya dalam tulisan saya sebelumnya. Anda bisa membacanya dengan mengklik link di bawah ini:

4. Memaksimalkan Penggunaan Bullets and Numbering

Bullets and Numbering digunakan untuk memberikan penjelasan point per point pada dokumen yang kita buat. Seringkali karena fitur ini dokumen yang kita buat menjadi berantakan karena kita tidak tahu memaksimalkan penggunaannya padahal kita ingin membuatnya menjadi rapi seperti gambar dibawah.
Nah bagaimana cara membuatnya?

Silahkan ke Menu Home kemudian di kolom Paragraph silahkan cari Bullets (untuk point) dan Numbering (untuk nomor).

Untuk memberikan point biasa, silahkan gunakan fitur Bullets and Numbering, tetapi jika ingin memberikan penjelasan point bertingkat seperti contoh diatas, gunakan fitur Multilevel List (disamping bullets and numbering)

5. Menggunakan Fitur Bold, Italic, Underline Untuk Menegaskan Kata dan Kalimat yang Penting

Salah satu poin penting dalam pembuatan dokumen penggunaan Bold, Italic dan Underline. Apa itu Bold, Italic dan Underline?

  • Bold (CTRL + B) merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mencetak tebal kata dan kalimat
  • Italic (CTRL + I) merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk memberi efek garis miring pada kata dan kalimat
  • Underline (CTRL + U) merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk menggaris bawahi kata atau kalimat.
Untuk fitur Bold dan Italic saya rasa tidak ada masalah, tapi pada fitur Underline anda bisa memilih berbagai macam garis yang akan anda gunakan pada kata dan kalimat. Anda tinggal klik fiturnya maka deretan garis pada fitur tersebut akan muncul dan bisa anda gunakan.

6. Memaksimalkan Penggunaan Ruller (Penggaris)

Kunci utama rapi tidaknya sebuah dokumen yang kita buat terletak pada penggunaan Ruller atau penggaris pada Microsoft Word. Ruller tersebut digunakan untuk mengatur berbagai macam hal dalam lembar kerja seperti penyesuaian bullets and numbering, penyesuaian spasi dan tab, baris baru pada awal paragraf, mengatur header dan footer dan lain sebagainya.


Pada Microsoft Word terdapat dua Ruller yakni pada bagian kiri lembar kerja dan pada bagian atas. Memang untuk menggunakan fitur ini membutuhkan latihan agar bisa dipahami dan dikuasai dengan baik.

Biasanya Fitur ini hilang dari lembar kerja kita. Nah untuk memunculkannya, anda dapat membaca uraiannya dibawah ini:

7. Menyesuaikan Ukuran Margin dan Ukuran Kertas

Margin dan ukuran kertas juga sangat penting untuk disesuaikan ketika ingin membuat dokumen apalagi untuk mahasiswa. Biasanya ada aturan untuk margin dan ukuran kertas agar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah. Nah untuk pembahasan ini telah saya ulas secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Anda bisa membacanya dengan mengklik link dibawah ini.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika mengetik agar terlihat rapi di lembar kerja Microsoft Word tapi setidaknya uraian diatas merupakan dasar-dasar yang harus anda kuasai agar hasilnya bisa terlihat maksimal.

Untuk berbagai macam pengaturan dan penggunaan fitur tertentu di Microsoft Word sebagian sudah saya ulas di situs ini, jadi silahkan ikuti untuk mendapatkan pelajaran dan pengetahuan diseputar aplikasi Microsoft Word.

Demikianlah artikel saya mengenai panduan lengkap cara mengetik agar terlihat rapi di Microsoft Word untuk pemula. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Mengetik Agar Rapi di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel