Cara Menghapus Password (Kata Sandi) di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi yang sangat membantu untuk pengolahan dokumen. Aplikasi ini memiliki berbagai macam tools yang bisa kita gunakan untuk mengolah dokumen dan salah satu fitur tersebut adalah memberikan proteksi atau perlindungan terhadap dokumen dengan cara memberikannya sebuah password.

Namun bagaimana jika kita ingin menghilangkan kata sandi tersebut agar dapat diakses oleh semua orang? Apalagi sewaktu-waktu kita melupakan password tersebut (lupa sandi) sehingga file tersebut sulit bahkan tidak bisa lagi diakses.

Karena pengalaman inilah sehingga saya kemudian menghilangkan semua password yang melindungi dokumen saya di Microsoft Word karena beberapa file yang saya lupa passwordnya sehingga sangat sulit untuk dibuka.

Saya mencari beberapa tutorial menghilangkan password di Microsoft Word tersebut di mesin pencari namun saya belum menemukan solusi yang tepat atas masalah tersebut (tidak berhasil). Ada beberapa yang menyarankan menggunakan aplikasi untuk menghilangkan kata sandi dokumen namun untuk versi gratis sangat sulit dan harus di upgrade ke versi pro.

Cara Menghapus Password di MS Word

Untuk menghapus password di Microsoft Word, ada dua cara yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

Cara 1: Menghapus Password Melalui Encrypt with Password

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kata sandi perlindungan file di Microsoft Word adalah menghapusnya melalui Encrypt with Password. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama silahkan buka dokumen yang dilindungi oleh password tersebut di Microsoft Word
  • Selanjutnya klik Menu File kemudian Pilih Info
  • Di jendela tersebut silahkan pilih Protect Your Document kemudian pilih Encrypt with Password
  • Silahkan anda hilangkan password yang telah anda buat dengan cara menghapusnya dari kotak penulisan password
  • Terakhir silahkan klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Silahkan tutup dokumen anda kemudian buka kembali dokumen tersebut untuk lebih memastikan apakah dokumen tersebut benar-benar sudah tidak terproteksi lagi oleh kata sandi.

Cara 2: Melalui Fitur Save As

Untuk beberapa kasus seperti yang pernah saya alami ketika menggunakan Microsoft Word 2007, Fitur Info tidak tersedia di Menu File. Nah bagaimana cara menghapus password tersebut tetapi fitur tersebut tidak ada? Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama silahkan anda buka dokumen yang telah diberi password tersebut di Microsoft Word.
  • Selanjutnya silahkan pilih Menu File (jika Menu File tidak ada silahkan pilih Office Button) kemudian pilih Save As
  • Sebelum menyimpan File, silahkan pilih Tools (dekat tombol Save)
  • Di jendela General Options, silahkan hapus semua kata sandi di kolom Password to Open dengan Password to Modify lalu tekan OK untuk menyimpan pengaturan
  • Di jendela Save As, pada kolom File Name silahkan ubah namanya agar mudah dibedakan dengan dokumen yang masih dilindungi oleh password tadi kemudian klik Save
  • Maka secara otomatis file baru yang anda simpan tadi sudah tidak dilindungi oleh password lagi.

Kesimpulan

Melindungi file dengan memberikannya password memang bagus demi menjaga agar tidak diakses sembarangan oleh orang lain, namun jika sampai anda melupakan password yang digunakan di file tersebut maka ada kemungkinan filenya tidak akan pernah bisa dibuka lagi karena sistem perlindungan file di Microsoft Word sangat tinggi dan ketat.

Oleh karena itu salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah menghapus password yang telah diberikan dan menyembunyikan dokumen tersebut kedalam folder yang telah dirahasiakan (jika memang file tersebut penting).

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menghapus Password di Microsoft Word. Semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah diseputar penggunaan aplikasi Microsoft Office. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Password (Kata Sandi) di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel