Cara Menggabungkan Beberapa Dokumen Menjadi Satu di Microsoft Word

Buat kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir kuliah seperti skripsi, tesis ataupun disertasi tentu saja akan membuat beberapa file yang berisikan BAB-BAB hasil tulisan kamu. Misalnya saja BAB I satu file, BAB II satu file, Kata Pengantar satu file, Daftar Pustaka satu file dan seterusnya.

Namun ketika tiba saatnya untuk mencetak dokumen-dokumen tersebut, biasanya dokumen tersebut harus kita satukan terlebih dahulu. Menjadi kebiasaan, kita harus melakukan copy paste dari satu dokumen ke dokumen yang lain untuk menyatukan dokumen tersebut dan tentu saja itu akan merusak dokumen yang telah kita buat. 

Misalnya saja penomorannya menjadi tidak beraturan, jarak antar paragraph menjadi kacau, dan bahkan ada bagian dokumen biasanya yang tidak ikut tersalin sehingga ketika ditempelkan ke dokumen tujuan, bagian tersebut hilang. Tentu saja ini akan menjadi masalah besar dan bisa berakibat sangat fatal.

Di sisi lain, menggabungkan dokumen dengan ukuran yang cukup besar ataupun menggabungkan banyak dokumen akan memakan banyak waktu terutama dari segi mengcopy paste dokumen tersebut. Kamu juga akan dibuat kebingungan dengan banyaknya jendela windows yang terbuka.

Nah untuk mengatasi masalah terebut, ternyata MS Word memiliki fitur yang memudahkan kita untuk menggabungkan file dengan mudah tanpa merusak struktur dokumen yang telah kita buat sebelumnya. Jadi kamu tidak perlu lagi capek-capek lagi meng-copy paste dan juga membuka banyak jendela windows di komouter kamu?

Bagaimana caranya? Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Menggabungkan Dokumen di MS Word

Pertama-tama silahkan anda buka aplikasi MS Word, kemudian buka dokumen pertama yang akan menjadi gabungan dari dokumen-dokumen lainnya. Silahkan tempatkan kursor pada bagian akhir dokumen atau pada bagian dimana anda ingin menyisipkan dokumen lain kedalam dokumen tersebut.


Karena kita akan menambahkan dokumen ke halaman selanjutnya, silahkan anda ke Menu Bar kemudian pilih Insert lalu pilih Page Break


Selanjutnya kita akan memasukkan dokumen yang lain kedalam dokumen tersebut. Pastikan kursor anda berada pada halaman baru yang telah dibuat tadi. Silahkan anda ke Insert kemudian pada kelompok Text silahkan pilih Object kemudian pilih Text From File...


Selanjutnya silahkan pilih file yang akan anda gabungkan dengan file yang sudah terbuka tadi. Jika sudah dapat, silahkan klik Insert


Dengan demikian dokumen tersebut telah digabungkan menjadi satu.


Untuk menggabungkan dokumen lainnya kedalam dokumen tersebut, anda tinggal mengulangi langkah-langkah yang telah saya paparkan diatas.

Penutup

Demikianlah sedikit trik dari saya mengenai Cara Menggabungkan Beberapa Dokumen Menjadi Satu di Microsoft Word. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk anda,

Jika kamu ingin mendapatkan tips dan trik seputar MS Word terbaru dari kami, silahkan berlangganan secara gratis via email di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggabungkan Beberapa Dokumen Menjadi Satu di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel