Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi Office Button di Microsoft PowerPoint

Power Point merupakan salah satu aplikasi yang merupakan bagian dari Microsofot Office. Aplikasi ini digunakan untuk membuat persentasi dalam bentuk slide dan hasilnya kemudian bisa dipersentasikan kepada orang lain melalui bantuan LCD Proyektor.

Aplikasi ini tentu saja sudah tidak asing lagi terutama bagi kalangan siswa, mahasiswa, guru dan dosen yang sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini sebagai media penunjang pembelajaran. Disamping itu, berbagai macam profesi juga ikut tertolong dengan adanya aplikasi ini seperti karyawan, bos-bos perusahaan guna mempersentasikan hasil kerjanya kepada orang lain.

Walaupun demikian, pengoprasian aplikasi ini tergolong susah-susah gampang apalagi bagi mereka yang gagap teknologi. Nah untuk membantu kamu dalam pengoprasian aplikasi Power Point, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan masing-masing fungsi dari tools yang ada di Office Button pada aplikasi Power Point.

Apa itu Office Button?

Sebelum masuk dalam pembahasan masing-masing fungsinya, ada baiknya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan Office Button pada Microsoft Office Power Point. 


 

Jadi Office Button merupakan fitur yang terdapat pada setiap aplikasi Microsoft office dan biasanya terletak di pojok kiri paling atas pada lembar kerja. Tampilan Office Button biasanya berbentuk logo Microsoft dan ketika logo tersebut di klik maka akan muncul berbagai macam tools yang dapat memudahkan kita untuk mengelolah sebuah dokumen.

Fungsi Office Button di Power Point

Di Power Point, terdapat 9 tools dan fungsi masing-masing tools tentu saja berbeda satu dengan yang lain. Nah apa saja fungsi dari setiap icon tersebut? Langsung saja kita ke penjelasannya.

1 . New (CTRL+N)

New berfungsi untuk membuka lembar kerja baru atau slide baru. Untuk membuka slide baru anda juga bisa menekan tombol CTRL+N dari keyboard kamu. Untuk membuka slide baru, kamu tidak perlu menutup aplikasi ini.

2. Open

Open berfungsi untuk Membuka file yang sudah kita simpan pada perangkat komputer. Untuk membuka file, kamu juga bisa menekan CTRL+O dari keyboard kamu. File tersebut nantinya bisa kita edit kembali atau bisa juga langsung dipersentasikan jika memang sudah selesai.

3. Save

Save berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sementara kamu kerjakan. Untuk menyimpan dokumen bisa juga dengan menekan CTRL+S dari keyboard kamu.

4. Save As

Save As berfungsi untuk menyimpan dokumen pada folder yang diinginkan. Di Save As, terdapat lagi beberapa tools lainnya seperti:

  • PowerPoint Presentation digunakan untuk menyimpan presentasi dalam bentuk format file secara default 
  • PowerPoint Show digunakan untuk menyimpan presentasi yang selalu terbuka dalam tampilan slide 
  • PowerPoint 97-2003 Presentation digunakan untuk menyimpan salinan presentasi yang sepenuhnya cocok atau kompatibel dengan PowerPoint 97-2003
  • Find add-ins For Other File Formats digunakan untuk mempelajari tentang add-ins guna menyimpan file ke format lain seperti PDF maupun XPS
  • Other Formats digunakan untuk membuka kotak dialog penyimpanan sebagai untuk memilih semua jenis file yang dianggap sesuai dan memungkinkan.

5. Print

Print digunakan untuk mencetak file. Di tools ini terdapat 3 tools lainnya yang bisa digunakan seperti:

  • Print digunakan untuk memilih printer yang akan digunakan, menentukan jumlah salinan, dan pilihan pencetakan lainnya sebelum mencetak.
  • Quick Print digunakan untuk mengirim presentasi langsung ke printer secara default tanpa melakukan perubahan terlebih dahulu.
  • Print Preview digunakan untuk melihat pratinjau dan membuat perubahan pada halaman sebelum dicetak.

6. Prepare

Prepare digunakan untuk melakukan dan mempersiapkan beberapa perubahan pada dokumen sebelum disimpan ataupun dipresentasikan. Di bagian Prepare, terdapat beberapa tools sebagai berikut:

  • Properties digunakan untuk melihat dan mengedit properti dalam presentasi seperti judul, penulis maupun kata kunci.
  • Inspect Document digunakan untuk memeriksa presentasi misalnya metadata tersembunyi atau informasi pribadi.
  • Enscrypt Document digunakan untuk meningkatkan keamanan presentasi/dokumen dengan menambahkan enkripsi atau mengunci.
  • Restrict Permission digunakan untuk memberikan akses kepada orang-orang sambil membatasi kemampuan mereka untuk mengedit, menyalin dan mencetak dokumen atau presentasi kita.
  • Add a Digital Signature digunakan untuk menambahkan tanda tangan digital yang tidak terlihat pada dokumen.
  • Mark As Final digunakan untuk memberitahu pembaca bahwa presentasi yang telah kita buat sudah final dan siap untuk dibaca.
  • Run Compatibility Checker digunakan untuk memeriksa fitur yang tidak didukung oleh PowerPoint versi earliner

7. Send

Send digunakan untuk mengirim file entah itu melalui email ataupun fax dengan cepat.

8 Publish

Publish digunakan untuk mempublikasikan hasil presentasi kita. Di Publish terdapat beberapa icon lainnya seperti:

  • Package for CD digunakan untuk menyalin presentasi dan tautan media ke folder yang kemudian dapat dibakar atau dimasukkan ke CD
  • Publish Slides digunakan untuk menyimpan slide ke pustaka slide atau lokasi lain untuk digunakan kembali nanti.
  • Create Handouts in Microsoft Office Word digunakan untuk membuka presentasi di Microsoft Word dan mempersiapkan halaman handout kustom
  • Document Management Server digunakan untuk membagikan presentasi dengan menyimpannya ke server manajemen dokumen
  • Create Document Workspace digunakan untuk membuat situs baru untuk presentasi  dan tetap disinkronkan ke salinan lokal.

9. Close 

Close digunakan untuk keluar dari presentasi yang tengah dijalankan.

Kesimpulan dan Penutup

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang tersedia di PowerPoint yang sangat membantu kita dalam membuat sebuah presentasi yang profesional. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya membahas satu bagian saja yang berada pada Menu Office Button.

Untuk Menu-menu lainnya akan saya bahas pada artikel-artikel saya selanjutnya guna mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada pembaca seputar Microsoft Office terutama Power Point.

Demikianlah artikel saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Tofan Ada', S.Th mulai menekuni dunia blogger sejak tahun 2019. Prinsip hidup "Aku berkarya maka aku ada"

Post a comment for "Pengertian dan Fungsi Office Button di Microsoft PowerPoint"

Berlangganan via Email