Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Bullet and Numbering di Microsoft Word

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Bullet and Numbering di Microsoft Word. Bullets and numbering biasanya digunakan untuk memberi poin-poin pada sebuah penjelasan yang akan dipaparkan pada sebuah dokumen yang dibuat.

Bullet and numbering bisa dibilang salah satu fitur atau tools yang paling sering digunakan ketika kita membuat sebuah dokumen. Misalnya saja ketika kita membuat tugas seperti makalah, karya ilmiah, skripsi, tesis dan lain sebagainya. Pada bagian daftar isi saja kita sudah harus menggunakan bullet and numbering untuk membagi bagian-bagian materi kita sehingga isi dari karya tulis kita secara garis besar dapat di mengerti oleh orang lain dan orang lainpun dapat menemukannya dengan mudah dalam tumpukan halaman tulis kita.

Oleh karena itu bullet and numbering merupakan salah satu tools yang sangat penting. Penggunaannypun tidak sembarangan dan asal-asalan, karena jika asal-asalan maka struktur dan penjelasan kita dalam sebuah dokumen menjadi kacau. 

Karena begitu pentingnya penggunaan bullet and numbering dalam sebuah dokumen, maka pada saat ini saya akan mengulas secara tuntas bagaimana cara membuat bullet and numbering di Microsoft Word.

Pengertian Bullet and Numbering

Bullet adalah tanda yang dapat berupa simbol, grafik, gambar atau lambang tertentu yang digunakan untuk membuat poin-poin penjelasan pada sebuah kalimat dalam dokumen yang kita buat. 

Numbering adalah tanda berupa angka maupun huruf yang berfungsi untuk membuat poin-poin penomoran dalam sebuah penjelasan paragraf. 

Cara Membuat Bullet and Numbering di Microsoft Word

Nah bagaimana cara membuat bullet and numbering di MS. Word? Pada penjelasan kali ini saya akan menguraikannya secara lengkap satu persatu.

1. Cara Membuat Bullets di Word

Untuk membuat bullet di Microsoft Word, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan buka dokumen Microsoft Word
  • Selanjutnya silahkan ke Menu Home. Di bagian Paragraph silahkan pilih Bullets
  • Selanjutnya di Bullets Library, silahkan pilih Bullert yang akan kamu gunakan untuk memberikan poin-poin di paragraf kamu.

Nah bagaimana jika kamu bosan hanya dengan bullet atau simbol-simbol itu saja? Nah ternyata di Microsoft Word, terdapat banyak simbol yang bisa kita gunakan untuk membuat Bullet. Disamping itu, kita juga bisa menggunakan gambar atau foto kita untuk membuat bullet pada sebuah paragraf dokumen. Nah bagaimana caranya? Simak penjelasannya dibawah ini.

Membuat Bullet dengan Simbol

Untuk memunculkan lebih banyak bullet lagi dalam bentuk simbol, maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan ke Menu Home lalu di bagian Paragraph silahkan pilih Bullets (gambar ada diatas)
  • Jika daftar bullet sudah muncul seperti gambar diatas, maka silahkan pilih Define New Bullet...
  • Jika jendela Define New Bullet sudah muncul, silahkan pilih Symbol. Kemudian silahkan pilih salah satu simbol yang akan kamu gunakan sebagai bullet lalu klik OK. Klik OK lagi satu kali di jendela Define New Bullet untuk menerapkan pengaturan yang telah kamu buat tadi.
  • Jika sudah, maka bullet dalam bentuk simbol baru telah berhasil kamu tambahkan kedalam Bullets Librarymu. Silahkan gunakan bullet tadi untuk memberikan poin-poin pada tulisanmu.

Membuat Bullet dengan Gambar/Foto

Bisakah membuat bullet menggunakan gambar atau foto kita? Jawabannya tentu saja bisa. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama silahkan ke Menu Home lalu pilih Bullet. Jika halaman tempat bullet telah muncul, silahkan pilih Define New Bullet (Gambar ada diatas)
  • Selanjutnya di jendela Define New Bullet, silahkan pilih Picture. Jika jendela Picture Bullet sudah muncul, untuk memasukkan gambar menjadi Bullet silahkan klik Import... lalu pilih gambar dari dalam dokumen kamu lalu klik Open untuk memasukkan gambar menjadi Bullet
  •  Selanjutnya kamu tinggal klik OK di Pictures Bullet dan juga di Define New Bullet agar gambarnya bisa kamu masukkan sebagai Bullet. Jika sudah maka gambar tersebut sudah bisa kamu gunakan di dokumen sebagai bullet.

2. Cara Membuat Numbering di Word

Untuk membuat numbering di Microsoft Word, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Word
  • Selanjutnya di area kerja, silahkan ke menu Home lalu di bagian Paragraph, silahkan pilih Numbering
  •  Di Numbering Library, silahkan pilih penomoran yang akan kamu gunakan pada ketikan kamu di dalam dokumen
Nah bagaimana jika kamu ingin memodifikasi numbering tersebut? Misalnya saja dengan mengganti hurufnya secara default? Mengganti warnanya secara default? Ataupun memberikan efek garis bawah pada numbering tersebut? Berikut langkah-langkahnya.
  • Di Numbering Library tadi, silahkan klik Define New Number Format...
  •  Di jendela Define New Number Format, silahkan klik Font
  • Nah di jendela Font tersebut kamu bisa mengatur gaya numbering baru yang akan kamu gunakan dalam dokumen sesuka hati.
    1. Latin Text: digunakan untuk mengatur jenis huruf yang akan digunakan, gaya huruf (bold, italic, regular), dan juga ukuran huruf
    2. All Text: digunakan untuk mengatur desain tampilan numbering, seperti warna huruf, gaya/tampilan garis bawah (underline style) dan juga warna garis bawah pada numbering (underline color)
    3. Effect: digunakan untuk memberikan efek pada numbering yang akan kita buat misalnya memberikan efek bayangan, garis dan lain sebagainya.
    4. Preview: digunakan untuk melihat hasil numbering yang akan kita buat sebelum digunakan
  • Nah pada bagian ini kamu bisa berkreasi sesuka hatimu dalam membuat numbering yang menarik untuk digunakan.

 Penutup

Nah demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Bullet and Numbering di Microsoft Word

Microsoftofficeindo.com
Microsoftofficeindo.com situs microsoftofficeindo merupakan situs yang menyediakan informasi berupa tips dan trik seputar Microsoft Office.

Post a comment for "Cara Membuat Bullet and Numbering di Microsoft Word"

Berlangganan via Email