Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Jejak Copy Paste di Microsoft Word

Halo sobat semua, mungkin artikel kali ini agak sedikit jahat yah terutama bagi para dosen yang ingin tugas mahasiswanya murni hasil pekerjaan mahasiswa itu sendiri. Namun karena banyaknya request mengenai cara menghilangkan jejak copy paste di MS. Word, maka tidak ada salahnya saya bagikan untuk kamu mahasiswa yang ingin copy paste namun tidak ingin diketahui oleh dosenmu. Yah sekalian juga menambah koleksi trik-trik seputar Microsoft Word.

Bagi beberapa dosen yang mahir dibidang IT, tentu saja dengan mudahnya dapat mengecek tugas mahasiswa tersebut plagiat atau bukan hanya dari detail file tersebut, misalnya siapa author file tersebut, berapa kali file tersebut direvisi, siapa yang melihat file tersebut terakhir kali dan lain sebagainya. 

Maka jangan heran jika ketika kamu mengirimkan tugas dalam bentuk softcopy MS Word kepada dosen, maka dosen dengan mudahnya mengetahui tugas tersebut hasil copy paste atau bukan. Nah ternyata Word sendiri punya cara agar tugas kita bisa tidak ketahuan plagiat hanya dengan mengubah detail dari tugas tersebut misalnya mengubah nama author menjadi nama kamu sendiri, mengubah jumlah revisi menjadi satu kali, dan lain sebagainya.

Tapi sebelum lanjut ke pembahasannya, dosa ditanggung masing-masing yang mempraktekkannya yah. hehe

Cara Agar Copy Paste Tidak Terdeteksi di MS. Word

Untuk menghilangkan jejak copy paste di MS. Word, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan cari file atau dokumen Microsoft Word yang hendak dihilangkan jejak copy pastenya di dalam dokumen kamu
  • Jika sudah dapat, silahkan klik kanan pada dokumen tersebut lalu pilih Properties

  • Secara otomatis jendela office properties akan terbuka. Silahkan pilih Details kemudian pilih Remove Properties and Personal Information

  • Secara otomatis jendela Remove Properties akan terbuka. Nah silahkan pilih Remove the following properties from this file lalu pada bagian Origin, silahkan centang beberapa bagian seperti Author, Lat save by, Revision number, Version Number, Company dan Manager. Jika sudah, silahkan klik OK untuk menyimpan pengaturan tadi. 

  • Di jendela Office Detail, silahkan masukkan nama Author dengan namamu, Revision number sebanyak 1 kali, Version number diisi dengan 1 dan Company diisi dengan nama perusahaanmu (jika ada, bisa juga tidak diisi). Jika sudah silahkan pilih Apply lalu klik OK

  • Nah jika sudah, ketika dosen memeriksa detail tugas kamu maka dia akan mendapati bahwa kamulah yang mempunyai tugas tersebut dan bukan hasil editan atau copy paste dari orang lain. 

Penutup

Cara diatas hanya merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jejak copy paste di file kamu. Tidak menutup kemungkinan dosen masih bisa menemukan cara lain untuk mengetahui tulisan kamu copy paste atau bukan. Misalnya saja mencocokkan isi dokumen kamu dengan dokumen orang lain. Walaupun dosen akhirnya tidak tahu siapa yang plagiat namun pada akhirnya dia akan mengambil sebuah kesimpulan bahwa kalian sama-sama telah melakukan copy paste baik si empunya yang asli maupun kamu yang telah melakukan copy paste. 
 
Hanya ada satu cara untuk meyakinkan dosen, yakni perkuat alibimu. Hehehe, berdosa banget yah. Tapi ingat pesan saya diawal, dosa ditanggung yang menerapkan ilmu ini.
 
Yah saya rasa cukup sekian dulu artikel saya, semoga dapat bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih.

Microsoftofficeindo.com
Microsoftofficeindo.com situs microsoftofficeindo merupakan situs yang menyediakan informasi berupa tips dan trik seputar Microsoft Office.

Post a comment for "Cara Menghilangkan Jejak Copy Paste di Microsoft Word"

Berlangganan via Email