Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengunci File MS. Word Agar Tidak Bisa di Copy dan di Edit

Buat kamu yang sangat anti dengan copy copy club, tentu saja akan sangat merasa risih jika melihat orang lain seenak jidatnya mengcopy dokumen kamu tanpa meminta ijin terlebih dahulu. Apalagi jika dokumen tersebut adalah tugas yang sudah stengah mati kamu kerjakan, eh malah ada orang yang tanpa rasa bersalah ingin menyalin tugas tersebut.

Ataupun kamu ingin melindungi dokumen tersebut karena dokumen tersebut adalah dokumen yang sangat penting sehingga kamu khawatir jangan sampai ada orang yang akan mengubahnya. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memberikan perlindungan pada dokumen tersebut agar tidak bisa di copy (disalin) dan diedit. Ketika kamu memberikan perlindungan dengan cara yang akan saya paparkan ini, orang lain mungkin masih bisa membaca dokumenmu tapi untuk menyalin dan mengeditnya sudah tidak akan bisa.

Nah Microsoft Word memiliki perlindungan dokumen seperti itu dan memang akan sangat menolong kita untuk memproteksi dokumen apalagi dokumen tersebut sangatlah penting. 

Tools ini tersedia untuk semua versi Microsoft Word mulai dari Word 2016, 2013, 2010, 2007 dan untuk versi 2003 mungkin akan sedikit susah memberikan proteksi dengan cara ini karena tampilannya yang agak berbeda. Jadi usahakan upgrade atau instal dulu versi Microsoft Office yang baru. Selain itu, versi baru juga memiliki banyak fitur tambahan dan tampilannyapun membuat kita nyaman untuk menggunakannya.

Cara Agar File Tidak Bisa di Copy dan di Edit di MS. Word

Dalam memberikan tutorial ini, saya menggunakan Microsoft Word 2013, langkah-langkah agar file tidak bisa dicopy dan diedit di Microsoft Word adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft Word atau dokumen yang hendak kamu kunci atau beri perlindungan
  • Selanjutnya silahkan ke menu Review lalu pilih Restrict Editing
  • Selanjutnya di Task Pane (sebelah kanan lembar kerja) akan muncul jendela Restrict Editing. Silahkan atur proteksi dokumen kamu dengan cara:
    1. Di bagian Formatting Restriction, silahkan centang Limit Formatting to a Selection of Style
    2. Pada bagian Editing Restriction, silahkan centang juga bagian Allow Only This Type of Editing in the Document. Nah di bagian kolomnya silahkan pilih Filling in Forms.
    3. Jika semuanya telah diatur, di Start Enforcement silahkan klik Yes, Start Enforcing Protection untuk memulai proteksi pada dokumen (perhatikan gambar dibawah)
  • Selanjutnya akan muncul jendela pemberitahuan Start Enforcing Protection, silahkan masukkan password kamu lalu klik OK
    Catatan: jangan sampai kamu lupa passwordmu karena untuk bisa mengedit kembali atau membuka proteksi dokumen tersebut nantinya kamu akan diminta memasukkan password tersebut
  • Terakhir silahkan save dokumen tersebut ke folder kamu dengan menekan tombol CTRL+S
Nah untuk membuktikan bahwa dokumenmu sudah diproteksi dan tidak bisa dicopy atau diedit lagi, silahkan tutup dokumen tersebut lalu buka kembali. Saya yakin dokumen tersebut sudah tidak bisa lagi diedit maupun disalin (copy paste).

Cara Menghapus Proteksi File MS. Word Agar Bisa di Copy dan di Edit

Nah bagaimana cara membuka proteksi dokumen tersebut agar kembali bisa dicopy ataupun diedit? Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama silahkan buka dokumen yang telah kamu proteksi atau telah kamu kunci tadi agar tidak bisa dicopy
  • Nah jika tampilannya seperti ini, maka klik View lalu pilih Edit Document
  • Maka secara otomatis tampilan area kerja MS Word kamu akan kembali seperti semula. Namun teks dalam lembar kerja tersebut belum bisa diedit atau dicopy. 
    Untuk membuka proteksi tersebut silahkan kem menu Review lalu pilih Restrict Editing
  • Maka di Task Pane (sebelah kanan lembar kerja) akan muncul jendela Restrict Editing. Untuk menghilangkan proteksi pada dokumen silahkan klik Stop Protection
  • Nah selanjutnya akan muncul jendela Unprotect Document. Silahkan masukkan password yang kamu gunakan untuk memproteksi dokumen tadi di kolom yang telah disediakan lalu klik OK
  • Secara otomatis proteksi pada dokumen kamu akan hilang dan kamu kembali bisa mengedit ataupun mengcopy dokumen tadi.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengunci File MS. Word Agar Tidak Bisa di Copy dan di Edit, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu. Tetap ikuti situs ini untuk mendapatkan tips dan trik Microsoft Office terbaru. Sekian dan terima kasih.

Microsoftofficeindo.com
Microsoftofficeindo.com situs microsoftofficeindo merupakan situs yang menyediakan informasi berupa tips dan trik seputar Microsoft Office.

Post a comment for "Cara Mengunci File MS. Word Agar Tidak Bisa di Copy dan di Edit"

Berlangganan via Email