-->

Mengenal Fungsi Area Kerja di Microsoft Excel

Microsoft Excel atau dikenal juga dengan istilah MS Excel merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah data seperti menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mempresentasikan data.

Jika kita perhatikan secara sepintas, tampilan Excel terutama pada Worksheet (lembar kerja) berbentuk seperti kolom. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini difokuskan untuk mengolah angka. Berbeda dengan Microsoft Word yang tampilannya seperti sebuah kertas kosong biasa karena memang fokusnya untuk mengolah kata seperti membuat persuratan.Pada saat kamu membuka atau menjalankan program aplikasi Excel, sebuah buku kerja (workbook) baru dan masih kosong otomatis akan ditampilkan.

Sebelum memulai menggunakan program aplikasi ini, ada baiknya kamu mengetahui bagian-bagian dari area kerja Microsoft Excel beserta fungsinya. Silahkan disimak uraiannya dibawah ini.

Fungsi Area Kerja di Excel

Untuk memudahkan kita memahami masing-masing fungsi area kerja yang ada di Microsoft Excel, maka saya akan membaginya kedalam beberapa bagian sebagai berikut:

Office Button

Office Button merupakan sebuah tombol yang berada di sudut kiri paling atas pada area kerja Excel. Jika kita perhatikan, Office Button berbentuk seperti logo Microsoft Office dan digunakan untuk menampilkan perintah-perintah dasar yang berkaitan dengan lembar kerja seperti perintah membuka lembar kerja baru, menyimpan lembar kerja, membuka lembar kerja, mencetak lembar kerja dan perintah lainnya.

Quick Acces

Quick Access biasanya terletak disamping Office Button dan berisi tombol-tombol perintah dasar yang sering kita gunakan ketika mengolah data seperti tombol Save, Undo, Redo, dan Print.

Kamu juga dapat meng-custom icon perintah tersebut seperti menambah, menghapus ataupun mengganti tombol perintah tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Caranyapun cukup mudah, kamu tinggal mengklik icon di berbentuk seperti panah di samping icon (Costumize Quick Access Toolbar) lalu menyesuaikan tombol mana yang akan kamu munculkan dan hilangkan.

Tab Menu

Tampilan menu-menu yang berbentuk tabulasi. Pada Microsoft Excel 2007 terdiri dari tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, dan Add-Ins dimana pada masing-masing tab menu berisi grup-grup yang otomatis menyesuaikan dengan jenis objek yang kamu aktifkan.

Dialog Box

Dialog Box merupakan sebuah tombol kecil yang ditampilkan di sudut kanan bawah di setiap grup yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog. Kotak dialog tersebut berisi perintah-perintah yang lebih kompleks dari sebuah icon dalam grup. Tampilan kotak dialog menyesuaikan dengan masing-masing grup.

Title Bar

Title Bar terletak di bagian atas area kerja Microsoft Excel yang menampilkan nama file yang sedang kamu aktifkan. Kamu bisa mengganti Tiitle Bar tersebut dengan cara mengganti nama file Excel di dalam folder. Caranya cukup klik kanan pada file Excel lalu pilih Rename lalu masukkan nama file yang kamu inginkan dan secara otomatis ketika kamu membuka file tersebut, Title Bar-nya pun akan berubag. Pun ketika kamu menyimpan dokumen Excel yang telah kamu buat, maka title bar tersebut akan menyesuaikan dengan nama file yang kamu simpan tadi.

Grup

Grup merupakan isi dari Tab menu dan berisi tombol-tombol perintah untuk menjalankan suatu proses. Grup biasanya terdiri dari beberapa tool tergantung kategorinya misalnya pada menu Home, grup Font digunakan untuk mengganti dan menyesuaikan huruf pada lembar kerja, grup Alignment untuk mengatur posisi paragraf dan lain sebagainya.

Window Button

Window Button berapa pada sebelah kanan atas area kerja Excel. Di Window Button terdapat empat tool yakni Minimize, Restore Down, Maximize dan tombol Close.

Tombol Minimize digunakan untuk meminimalkan ukuran windows Microsoft Excel. Tombol Restore Down digunakan untuk mengubah ukuran Microsoft Excel ke ukuran Windows dan tool ini muncul jika window Excel dalam kondisi maksimal. Tombol Maximize digunakan untuk memperbesar ukuran Microsoft Excel ke ukuran full layar dan tool ini muncul ketika Excel dalam kondisi layar kecil. Tombol Close digunakan ntuk menutup Program aplikasi Microsoft Excel.

Status Bar

Status Bar merupakan baris status yang ditampilkan di bagian bawah window Microsoft Excel yang berisi informasi tentang lembar kerja yang sedang kamu aktifkan, antara lain nama sheet dan keterangan sheet yang sedang aktif.

Lembar Kerja


Lembar Kerja merupakan area dimana kamu mengetikkan data dan akan tampil di lembar kerja. Ketika kamu mengolah data dan menggunakan tombol perintah maka efeknya akan kamu lihat di lembar kerja tersebut.

Zoom Level

Zoom Level adalah tombol-tombol yang yang digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil tampilan area kerja

Scroll Bar

Di area kerja terdapat dua Croll Bar yakni Vertikal (sebelah kanan) dan Horizontal (sebelah bawah). Scroll Bar Verikal digunakan untuk menggulung worksheet ke atas dan ke bawah untuk melihat bagian-bagian lain yang tidak tampak pada layar monitor. Scroll Bar Horizontal digunakan untuk menggulung worksheet ke kanan dan ke kiri untuk melihat bagian-bagian lain yang tidak tampak pada layar monitor.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Mengenal Fungsi Area Kerja di Microsoft Excel. Semoga artikel ini dapat memberikan kamu pengetahuan baru seputar Microsoft Excel terlebih mengenai fungsi area kerja didalamnya. Terima kasih

0 Response to "Mengenal Fungsi Area Kerja di Microsoft Excel"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel