-->

Cara Menyimpan File di Microsoft Word

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengolah data dalam bentuk dokumen adalah Microsoft Word. Microsoft Word memungkinkan kita membuat berbagai macam dokumen seperti persuratan, tugas kuliah, tugas sekolah, liturgi ibadah dan lain sebagainya.

Nah ketika membuat dokumen di MS Word, salah satu hal penting yang harus kita lakukan adalah menyimpan file tersebut kedalam perangkat komputer kita. Jika tidak disimpan maka dokumen yang kita buat akan hilang dan tidak bisa dibuka lagi, yang artinya kita harus membuat dokumen dari awal lagi.

Buat kamu yang masih sangat awan dan bertanya-tanya, bagaimana cara menyimpan file yang telah dibuat di aplikasi Microsoft Word? 

Di kesempatan ini, saya akan mengulas bagaimana cara menyimpan dokumen yang telah kamu buat kedalam folder komputer kamu.

Cara Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Untuk menyimpan dokumen Microsoft Word yang telah kamu buat kedalam folder, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan buka program aplikasi MS Word, lalu buatlah sebuah tulisan di lembar kerja 
  • Untuk menyimpan dokumen tersebut, silahkan klik Office Button (logo Microsoft Office) disebelah kiri atas lalu pilih Save As kemudian pilih Word Document
Office Button > Save As
  • Jika jendela Save As sudah terbuka, maka silahkan cari folder dimana kamu akan menyimpan file tersebut. Jangan lupa juga atur nama filenya di File Name. Jika semuanya sudah diatur, klik Save untuk menyimpan file kedalam folder yang telah ditentukan.

Save As

  •  Maka secara otomatis dokumen kamu akan tersimpan ke folder yang telah ditentukan.

Document Microsoft Word

Cara Save Document Word Agar Tidak Berubah Saat Dibuka di Komputer Lain

Ternyata ketika kita sudah menyimpan dokumen yang telah kita buat di folder kita kemudian kita memindahkan dokumen tersebut ke komputer lain entah untuk mencetak dokumen tersebut atau sekedar memberikan dokumen tersebut ke orang lain, biasanya isi dari dokumen tersebut akan berubah jika versi Micosoft Word yang digunakan tidak sama. Misalnya, spasi antar karakter menjadi hilang.

Nah bagaimana caranya mengatasi problem tersebut? Ternyata kita dapat mengatasi hal tersebut saat kita menyimpan dokumen Microsoft Word.

Nah untuk langkah-langkahnya sudah saya bahas sebelumnya, kamu bisa membaca penjelasannya dengan cara mengklik link dibawah ini.

Cara Menyimpan File Word Agar Tidak Berantakan Saat Dibuka di Komputer Lain

Tombol Perintah Untuk Menyimpan Dokumen Secara Otomatis

Selain cara yang saya paparkan diatas, ketika kamu sedang membuat sebuah tugas di Microsoft Word dan hendak menyimpannya secara otomatis, kamu bisa menekan kombinasi tombol keyboard CTRL+S secara bersamaan. 

Jika file tersebut belum kamu simpan, ketika menekan kombinasi tombol tersebut maka akan muncul jendela Save As yang memungkinkan kamu dapat menyimpan dokumen.

Tapi jika kamu sudah menyimpan dokumen tersebut, kemudian lanjut mengerjakan dokumen tersebut maka dengan menekan kombinasi tombol tersebut akan menyimpan hasil ketikan kamu secara otomatis ke file yang telah kamu simpan. 

Walaupun di Microsoft Word terdapat auto save dan biasanya dokumen yang kamu buat akan tersave secara otomatis setiap 10 menit sekali (tergantung pengaturanmu), namun tidak ada salahnya jika selesai satu paragraf kamu menekan kombinasi tombol tersebut lagi. Yah untuk jaga-jaga siapa tau komputermu eror sehingga ketikanmu bisa hilang. hehe

Menyimpan Dokumen Word Kedalam Format File yang Lain

Microsoft Word memungkinkan kamu menyimpan Dokumen yang telah kamu buat kedalam format file yang lain misalnya saja PDF, Web Page, dan lain sebagainya. Namun untuk menggunakan fitur ini, kamu harus menginstal program aplikasi Microsoft Word ke versi terbaru misalnya Microsoft Word 2016. 

Cara untuk menyimpan file tersebut cukup mudah, langkah-langkahnya seperti menyimpan file MS Word pada umumnya atau yang telah saya paparkan diatas namun sebelum menyimpan file tersebut di bagian Set as Type pada jendela Save As, silahkan pilih format file yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan dokumen tersebut misalnya saja PDF.

Maka secara otomatis dokumen Word kamu akan tersimpan kedalam format file PDF.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menyimpan File di Microsoft Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu dalam memecahkan masalah seputar penggunaan aplikasi Microsoft Word. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Cara Menyimpan File di Microsoft Word"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel