-->

Fungsi Rumus SUMIF di Excel Beserta Contohnya

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana caranya menjumlahkan baris atau kolom dengan kriteria tertentu di Excel?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan rumus SUMIF untuk menjumlahkan baris tersebut.

Apa Itu Rumus SUMIF?

SUMIF adalah sebuah rumus di Microsoft Excel yang digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria tertentu dan telah kamu tentukan sebelumnya. Sebagai contoh, di dalam kolom yang berisi angka, kamu hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai yang lebih besar dari 7, maka kamu bisa menggunakan rumus =SUMIF(B2:B25,”>7”).

Contoh Penggunaan Rumus SUMIF

Nah bagaimana contoh penggunaan rumus SUMIF di Excel? Barikut pembahasannya.


Sebagai contoh pada gambar diatas. Misalnya kamu mempunyai sebuah data penjualan di tokomu, kamu kemudian ingin menghitung berapa produk yang berhasil kamu jual pada hari Selasa dan Kamis. Untuk mendapatkan jumlah penjualan tersebut,maka kamu bisa menggunakan rumus SUMIF sebagai berikut.

=SUMIF(kolom yang dijadikan referensi/range;kriteria kamu/criteria;kolom yang berisi value yang akan dijumlahkan/sum_range) jadi misalnya pada gambar diatas kolom yang dijadikan referensi adalah semua kolom A jadi (A:A), kemudian kriteria yang akan dicari misalnya penjualan hari selasa berada di kolom (F2) dan value yang akan dijumlahkan semuanya berada di kolom C jadi (C:C). Jadi hasil penggunaan rumusnya adalah =SUMIF(A:A;F2;C:C).

Nah jika sudah silahkan tekan etnter maka hasilnya akan keluar seperti gambar dibawah.

Untuk mendapatkan jumlah penjualan hari kamis, kamu tinggal klik hasil penjumlahan tadi di hari selasa kemudian muncul titik kecil pada baris tersebut, silahkan drag kebawah.

Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti ini.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah artikel saya mengenai Fungsi Rumus SUMIF Beserta Contoh Penggunaanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu, terima kasih.

0 Response to "Fungsi Rumus SUMIF di Excel Beserta Contohnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel